Inspirasi Desain Rumah Petak yang Fungsional

Rumah-rumah dengan desain rumah petak belakangan banyak tumbuh di kota-kota besar terutama yang dekat atau berada di lingkungan bisnis yang padat. Rumah petak umumnya dibangun untuk disewakan kepada para karyawan atau pekerja yang ada di sekitar rumah. Dibandingkan kontrakan atau kos-kosan rumah petak memang lebih nyaman dengan privacy yang lebih terjaga.

Model desain rumah petak umumnya berupa beberapa rumah setipe yang dibangun berderet dengan pemisah berupa tembk tunggal. Dari segi biaya pembangunan, rumah petak lebih lebih rendah. Bandingkan dengan desain rumah mewah 1 lantai.

desain rumah petak

Apalagi model desain rumah ini juga merupakan upaya menyiasati terbatasnya lahan namun mampu dioptimalkan, termasuk untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan keluarga bagi pemilik rumah.

Ide Desain Rumah Petak

Dengan berbagai keterbatasan yang ada, problem yang sering timbul pada desain rumah petak adalah membuat rumah terasa nyaman sekaligus mampu mengakomodasi kebutuhan sebuah rumah tangga atau keluarga kecil. Ada banyak fungsi ruang yang terpaksa harus mengalami peleburan atau malah dihilangkan karena sempittnya lahan yang ada.

Baca : software desain rumah gratis

Sebagai gambaran, ruang keluarga dalam rumah petak biasanya disatukan fungsinya dengan ruang tamu, Begitu juga untuk ruang makan menyatu dengan dapur. Ruang tidur yang bisa dibangun pun setidaknya ada satu buah. Untuk keluarga kecil yang telah memiliki anak, maka ruang tidur anak dapat memanfaatkan ruang antara ataupun dengan memanfaatkan ruang tamu.

Dengan kondisi semacam ini, maka cara agar rumah tetap fungsional dan terasa nyaman, maka penataan perabot dan pembagian fungsi ruang menjadi kunci utamanya. Penghuni rumah perlu menyediakan lemari atau meja yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan rumah tangga. Dengan pengelolaan yang baik, desain rumah petak pun dapat fungsional dan tetap terasa nyaman. Lihat juga model desain rumah minimalis type 54.

Selain itu pemanfaatan teras depan rumah ataupun di belakang rumah juga dapat dioptimalkan. Teras depan rumah yang umumnya hanya berukuran lebar 1 meter bisa dimanfaatkan untuk tempat santai. Begitu juga teras belakang rumah, jika masih ada terdapat sisa lahan, bisa dimanfaatkan untuk duduk atau pun memarkir kendaraan roda duanya.

Sempitnya desain rumah petak menyebabkan model rumah ini hanya untuk disewakan dan menjadi rumah sementara sebelum membeli rumah sendiri yang lebih besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *