Inspirasi Desain Rumah Islami Modern yang Nyaman

Merencanakan dan merancang desain rumah islami sebenarnya tak berbeda jauh dengan desain rumah lainnya. Sebuah rumah islami juga bukan dengan memperlihatkan atau menonjolkan unsur Islam pada tampilan arsitekturnya, misalnya dengan unsur Timur Tengah.

Desain rumah islami sebenarnya lebih pada fungsinya yang mengacu pada ketentuan syariah. Rumah merupakan ruang privat keluarga yang telah menikah dalam mendidik anak-anaknya dan untuk membangun keluarga yang sakinah. Rumah juga merupakan bentuk perlindungan untuk anggota keluarga terhadap berbagai pengaruh buruk dari luar. Lihaat juga model desain rumah minimalis type 54.

Tips Desain Rumah Islami

Lantas bagaimana dengan tamu yang ingin berkunjung, kan bukan muhrimnya? Disinilah desain rumah islami dirancang agar privacy keluarga tetap terjaga.

desain rumah islami

Nah, jika anda tertarik atau sedang mencari tentang desain rumah yang sesuai ketentuan syariah, berikut beberapa hal praktsi yang mungkin bisa diaplikasikan.

1. Ruang tamu dalam sebuah rumah merupakan area public, karena itu dalam desain rumah islami ruangan ini harus disekat dan dibedakan dengan bagian dalam rumah. Jika posisi atau luasan tanah memungkinkan, buat ruang tamu yang terisolasi atau tidak mengadap ke dalam bagian rumah. Bisa jika dibuatkan sekat agar pandangan tamu tidak bisa melihat ke bagian dalam rumah.

2. Posisikan pintu masuk rumah agar tidak langsung menusuk ke bagian dalam rumah. Caranya bisa dengan menempatkan pintu masuk dari arah samping atau membuat desain ruangan berliku sehingga pintu masuk justrumengarah ke ruang tamu dan bukan ke ruang keluarga. Lihat juga desain rumah mewah 1 lantai.

3. Komunikasi antar anggota keluarga juga sangat penting dalam desain rumah islami. Karena itu rumah semacam ini mesti menyediakan ruang keluarga yang nyaman. Jika luasan tanah agak sempit, ruang keluarga bisa disatukan fungsinya dengan ruang makan, namun tetap dengan memperhatikan kenyamanan untuk sering berkumpul bersama anggota keluarga.

4. Sediakan sebuah ruangan khusus untuk mushola di dalam rumah. Ketentuan ini sebenarnya tidak mutlak karena Islam sendiri justru memerintahkan umatnya untuk lebih mengutamakan sholat berjamaah di masjid, dan bukan di rumah.

Namun untuk masyarakat modern yang belum memungkinkan hal itu, maka ruang mushola inijuga berfungsi ganda. Selain untuk melatih dan mendisiplinkan anggota keluargadalam melaksanakan sholat bersama tepat waktu, mushola dalam desain rumah islami juga dapat menjadi ruang mengaji maupun menimba ilmu untuk anak-anak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *