Cara Dekorasi Ruang Tamu dengan Wallpaper

Bagaimana sih cara dekorasi ruang tamu dengan wallpaper yang artistik dan nyaman? Setiap keluarga mengangan-angankan memiliki ruang tamu yang hangat dan nyaman tentu. Hal Apalagi ruang tamu merupakan area pertama dan utama, yang akan senantiasa dilalui oleh penghuni rumah saat memasuki rumah.

Desain interior ruang tamu minimalis modern yang dibiarkan polos terkesan monoton dan cepat membuat penghuni merasa bosan dan tidak betah berlama-lama di dalamnya.

Cara dekorasi ruang tamu

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam menciptakan ruang tamu yang cantik dan menarik. Misalnya dengan menempatkan void pada atap ruang tamu, seperti yang diterapkan Cluster Sutera Victoria, di Alam Sutera. Bisa juga penerapan Akasha Jagakarsa yang menambah ornamen kayu dan bata merah sebagai pemanis dinding ruang tamu.

Tips Mendekorasi dengan Wallpaper

Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan wallpaper sebagai aksesoris di ruang tamu. Wallpaper terbukti efektif dalam mengubah penampilan suatu ruang sehingga memiliki nilai tambah.

Seperti, ruangan tampak lebih besar, lebih hangat, lebih cerah (atau sebaliknya), bahkan dapat menyembunyikan elemen yang tidak sempurna. Untuk itu, simak beberapa tips tepat cara mempercantik dekorasi ruang tamu dengan wallpaper berikut ini.

Perhatikan Ukuran Ruangan

Tips paling pertama adalah memperhatikan ukuran ruang tamu. Ukuran ruangan menjadi salah satu faktor penting dalam memilih motif wallpaper yang tepat. Jika ruang tamu berukuran kecil, sebaiknya Anda menggunakan motif wallpaper bergaris horizontal agar menghadirkan kesan yang lebih luas.

Sebaliknya, jika ruang tamu Anda memiliki luas yang cukup, hindari penggunaan menggunakan motif berukuran besar karena justru menimbulkan kesan sempit pada ruang tamu. Pilihlah wallpaper dengan warna hangat dan gelap seperti coklat, untuk menciptakan kesan hangat dan nyaman di dalam ruang tamu.

Ukuran atap ruangan juga perlu diperhatikan. Jika atap ruang tamu rendah, sebaiknya gunakan motif wallpaper vertikal dengan warna yang terang, karena akan memberikan kesan ruangan terlihat tinggi. Sebaliknya jika atap ruang tamu cukup tinggi, Anda dapat memilih wallpaper dengan motif horizontal berwarna lebih gelap, demi menghadirkan nuansa lebih luas.

Motif dan Warna Wallpaper

Tipe kedua adalah permainan motif wallpaper yang tepat. Dalam hal ini pemilihan motif harus berkaitan dengan tema ruangan yang diusung. Jika Anda menginginkan ruang tamu dengan konsep modern, Anda dapat memilih wallpaper yang menonjolkan pola geometris. Sedangkan untuk ruang tamu bertema modern minimalis, sebaiknya Anda menggunakan motif wallpaper seperti bunga, pohon atau ranting.

Dekorasi Ruang Tamu dengan Wallpaper

Jangan lupa juga untuk menggunakan warna dingin seperti gradasi hijau dan biru untuk ruang tamu. Namun untuk rumah berkonsep modern klasik, sangat bagus jika Anda memilih wallpaper warna cokelat atau warna gelap agar tema ruang tamu Anda lebih kuat.

Jenis Wallpaper

Tips terakhir adalah pemilihan jenis wallpaper yang tepat dan sesuai dengan kondisi dinding rumah Anda. Saat ini terdapat beragam jenis wallpaper yang dapat dipilih. Dalam hal ini, sebaiknya Anda mengetahui persis jenis-jenis wallpaper apa saja yang baik dan berkualitas.

Selain itu, jenis wallpaper yang mudah dirawat dan tahan lama juga sebaiknya menjadi bahan pertimbangan dalam memilih. Bahan-bahan yang dapat menjadi pertimbangan jenis wallpaper adalah foil, textil dan vinyl.

Demikian sedikit tips dan cara mempercantik dekorasi ruang tamu dengan wallpaper agar ruangan artistik, menarik dan nyaman yang semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *